Mengenal Macam-macam Lem untuk Bambu

3153
rak bambu

Ada berbagai macam lem untuk bambu yang dikenal di pasaran. Apa sajakah itu? Yuk simak informasi menarik di bawah ini.

Lem Bambu Berdasarkan Tipe Perekatannya

Ada banyak tipe perekatan dengan tujuan berbeda-beda. Dua di antara yang paling sering ditemukan pada kayu dan bambu adalah perekatan konstruksi dan perekatan laminasi. Perekatan konstruksi dipakai dalam pembuatan atau penyambungan antar kerangka mebel dan keperluan sejenisnya. Sedangkan perekatan laminasi digunakan dalam instalasi lantai, pembuatan panel (bamboo panelling), sampai dengan aplikasi vinir.

vinir bambu

Lem untuk Bambu Berdasarkan Lokasi Penggunaannya

Setelah tipe perekatan, ingatlah di mana produk bambu akan diletakkan: outdoor versus indoor. Bila untuk outdoor, maka lem harus memiliki daya tahan yang baik pada paparan air, perubahan cuaca, suhu yang bergejolak, dan berbagai tantangan luar ruangan lainnya. Sedangkan untuk indoor, bambu sebisa mungkin harus tak menimbulkan bau dan aman digunakan.

Untuk kebutuhan perekatan laminasi indoor maupun outdoor, saran kami gunakanlah Crossbond X4. Lem berpelarut air ini memiliki daya tahan sangat baik untuk kondisi luar ruangan. Namun di sisi lain, Crossbond X4 juga 100% non toksik dan tidak menyebabkan bau menyengat saat digunakan.

Lem Bambu Berdasarkan Pelarutnya

Crossbond, lem bambu berbasis air

Sebenarnya semua bahan bisa dibedakan menjadi dua berdasarkan tipe pelarutnya, yakni bahan larut air dan bahan larut solvent. Solvent sendiri terdiri dari berbagai macam pelarut, namun semuanya berasal dari bahan fosil seperti thinner dan spiritus.

Sepertihalnya berbagai bahan lain, lem juga bisa dibagi menjadi lem dengan pelarut air dan lem dengan pelarut solvent. Umumnya perbedaan ini akan berdampak pada perbedaan tingkat keamanan keduanya. Lem dengan pelarut air secara umum lebih aman dibanding lem dengan pelarut solvent. Aspek ini sangat perlu diperhatikan bila Anda ingin mengolah bambu menjadi alat makan sampai dengan mainan anak. Aspek keamanan juga krusial bagi Anda yang ingin mengekspor produk bambunya ke luar negeri.

Demikian berbagai macam lem untuk bambu yang bisa Anda temukan di pasaran. Pilihlah lem yang tepat berdasarkan pengetahuan akan berbagai jenis adhesive yang disebutkan di atas.

Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here