Ternyata Mudah Membuat Kolase dari Biji

1848
kolase dari biji

Membuat kolase dari biji ternyata caranya sangat mudah lho. Penasaran kan bagaimana proses pembuatan produk yang bisa mendatangkan banyak rupiah tersebut?

Ingin membuat produk kesenian tapi bingung hendak memilih yang mana? Atau ingin membuat usaha berbasis kerajinan yang bisa mendatangkan banyak keuntungan? Ada banyak lho sebetulnya ide yang bisa Anda terapkan. Misalnya saja ide membuat kolase dari biji.

Sebagian di antara kita mungkin pernah diminta guru membuat kerajinan ini di sekolah. Caranya sangat sederhana. Anda hanya perlu membuat sketsa pada suatu media, lalu menempelkan biji-bijian yang tepat. Contoh, Anda membuat sketsa angsa putih. Kemudian, badan angsa tersebut Anda taburi dengan beras. Sedangkan matanya menggunakan biji sawo kecil.

Cara ini meski kelihatannya sederhana, tapi bila ditekuni bisa menghasilkan produk menarik yang mendatangkan keuntungan. Penasaran kan bagaimana cara membuat kolase biji? Simak tutorialnya di bawah ini.

Tutorial Cara Membuat Kolase dari Biji

Alat dan Bahan

Sebelum mengumpulkan alat dan bahan yang diperlukan, Anda perlu memastikan rancangan kolase terlebih dahulu. Barulah setelah itu, kumpulkan alat dan bahannya sebagai berikut.

1. Alat tulis dan media
2. Biji sesuai dengan sketsa yang sudah Anda buat terlebih dahulu
3. Lem Ultra Phaethon
4. Berbagai material tambahan lainnya misalnya daun kering
5. Figura atau gantungan untuk meletakkan kolase yang sudah dibuat

Langkah-langkah Membuat Kolase dari Biji

Setelah semua alat dan bahan di atas tersedia, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Buat dulu sketsa desain kolase biji yang ingin Anda buat pada media yang sudah Anda pilih, baik kanvas hingga papan kayu.
2. Setelah sketsanya dibuat, sediakan semua biji yang sudah disiapkan. Bersihkan dan keringkan.
3. Sesuai dengan rancangan sketsa, tempelkan jenis biji sesuai jumlah yang dibutuhkan pada area kolase terkait. Tempelkan dengan lem Ultra Phaethon ya.
4. Pastikan keseluruhan biji sudah ditempelkan sesuai letaknya.
5. Tunggu lem benar-benar kering dan lakukan sentuhan terakhir, baik dengan mengemasnya atau meletakkannya dalam figura.

Tips supaya Kolase Terlihat Makin Baik

Jangan lupa, supaya kolase makin menarik, Anda juga bisa menambahkan beberapa tips di bawah ini.

1. Bekali diri Anda dengan berbagai referensi cara membuat kolase dari biji yang bagus dan inspiratif.
2. Jangan segan menambahkan bahan selain biji bila dirasa diinginkan.
3. Agar biji lebih awet, setelah ditempelkan Anda juga bisa melapisinya menggunakan pernis atau varnish bening.
4. Anda bisa mewarnai biji terlebih dahulu bila dirasa pewarnaan akan membuat kolase lebih menarik. Tapi ingat, banyak penggemar kolase yang lebih mengutamakan warna-warna alam.
5. Bila Anda ingin menjualnya, jangan lupa untuk mengemasnya dengan baik. Pastikan kolase tidak dikemas dalam wadah lembab yang bisa membuatnya rusak.
6. Khawatir serangan jamur? Anda bisa lho melakukan treatment anti jamur sebelum membuat kolase dari biji. Caranya, rendam biji ke dalam obat anti jamur seperti BioCide.
7. Jangan lupa, gunakan selalu lem yang tepat Ultra Phaethon! Ada alasannya mengapa di atas kami merekomendasikan Ultra Phaethon. Sebab tidak banyak lem di pasaran yang cocok dan terjangkau untuk kebutuhan ini.

Nah, demikianlah cara atau panduan untuk membuat kolase dari biji. Mudah bukan? Asalkan Anda menggunakan Ultra Phaethon, kolase pun bisa dibuat tanpa kesulitan berarti.

Semoga bermanfaat. Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya di lemadhesive.com ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here