Yuk, Bahas Tas Tenun yang Menawan itu!

124
tas tenun

Aneka produk yang dibuat dengan teknik menenun bisa memberikan suatu daya tarik tersendiri. Hal ini pun berlaku pada tas tenun.

Siapa tak kenal dengan kemegahan kain songket? Songket merupakan produk budaya masyarakat Indonesia, terutama yang terletak di Sumatera. Dari Sumatera Barat sampai Sumatera Selatan, kain songket terkenal akan keindahannya. Kain ini sendiri dibuat dengan teknik tenunan yang khas.

Menenun sendiri sebetulnya adalah teknik pembuatan kain yang berasal dari Mesir. Di nusantara, teknik ini diperkenalkan oleh para pedagang dari Tiongkok. Setelahnya, teknik ini mengalami penyesuaian di sana sini sehingga memiliki ciri khas antar daerah.

Tenunan di Zaman Modern

Di era sekarang ini, pembuatan kain sudah jarang yang memanfaatkan teknik menenun. Cara ini dianggap orang terlalu lama. Namun demikian, kegiatan menenun masih banyak dilakukan masyarakat lokal. Produk mereka pun lebih menyasar segmen wisatawan dan masyarakat sekitar untuk kebutuhan yang bersifat tradisional. Misalnya saja untuk pesta pernikahan.

Meski demikian, keindahan produk hasil tenunan tetap tak bisa dipungkiri. Malah sekarang, kain tenun juga bisa diterapkan untuk pembuatan beragam jenis tas. Tas-tas tersebut jelas akan sangat menarik dan memiliki keindahan tersendiri, terutama bila didesain dengan pola dan gambar khas suatu budaya. Anda pun bisa menjualnya untuk mendapatkan keuntungan. Misalnya saja menjualnya sebagai cinderamata hingga suvenir sebuah acara.

Model tas tenun sendiri juga sangat beragam, antara lain:

  1. Aneka tas belanja
  2. Tas selempang yang bisa dipakai untuk jalan-jalan
  3. Tas kantoran
  4. Tas untuk pesta
  5. Tas untuk sekolah

Tak sulit membuat berbagai jenis tas ini asalkan kita mengetahui dasar-dasar pembuatan tas. Selain itu, tent saja yang utama adalah memilih alat dan bahan yang tepat, termasuk lem yang digunakan.

tas tenun (3)

Lem untuk Membuat Tas Tenun

Dalam proses pembuatan tas dari teknik tenunan, diperlukan bahan perekat. Terdapat dua fungsi bahan perekat yang perlu Anda ketahui. Pertama, fungsi perekatan antar komponen, dan kedua fungsi penguatan kain tersebut.

Untuk kebutuhan ini, kami menyarankan dua adhesive yang bisa Anda pakai, yaitu:

Lem Ultra Phaethon

Lem ini adalah lem dengan bahan dasar PVAc atau polyvinyl acetate. Lem ini memiliki berbagai keunggulan mulai daya rekat, ketahanan, kecepatan kering, hingga tidak menyebabkan glue line. Lem ini juga sangat aman dan ramah lingkungan. Anda bisa menggunakan lem ini untuk kebutuhan penyambungan komponen tas asalkan keseluruhannya organik, dan juga untuk menguatkan tas.

Anda bisa membeli lem ini dengan harga terjangkau di lemadhesive.com lho.

Eva Phaethon

Eva Phaethon adalah dengan bahan dasar EVA atau ethylene vinyl acetate. Lem ini juga memiliki berbagai keunggulan mulai dari daya rekat sampai tidak menyebabkan glue line sepertihalnya lem Ultra Phaethon. Hanya saja, lem ini didesain untuk perekatan beda karakter. Jadi, kita bisa membuatnya untuk mengelem komponen tas tenun meski sifat bahan tersebut sangat berlainan.

Cara Memesan Lem Phaethon

Sebagaimana disebut di atas, kedua lem Phaethon ini bisa Anda dapatkan secara online di lemadhesive.com. Caranya juga sangat mudah. Anda hanya perlu menghubungi nomor hotline kami saja. Customer Service kami pasti akan melayani pesanan Anda dengan sangat ramah dan profesional.

Demikian artikel kali ini mengenai tas tenun dan lem terbaik untuk membuatnya. Semoga bermanfaat ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here