Agar Aplikasi Finger Joint Tepat, Lem Kayu untuk Finger Joint Harus Berkualitas

458
mainan masak

Selain berbagai hal yang sifatnya teknis, penggunaan lem kayu untuk finger joint yang baik adalah kunci kesuksesan tipe sambungan tersebut.

Pengertian Finger Joint

meja finger jointFinger joint merupakan salah satu tipe sambungan yang dilakukan dengan membentuk medianya menyerupai jari-jari. Secara simetri kedua kayu yang akan disambungkan dibentuk sehingga bisa saling melengkapi. Tipe sambungan ini biasanya digunakan pada furniture sampai dalam pembuatan papan kayu. Di dunia pengolahan kayu sendiri, tipe sambungan ini memainkan peran vital dan menjadi salah satu yang paling banyak dipelajari.

Tips Penerapan Finger Joint

Aplikasi finger joint yang sukses mensyaratkan beberapa ketentuan. Di bawah ini adalah beberapa ketentuan tersebut.

Memperhatikan Karakter Kayu

Tiap kayu memiliki sifat sendiri-sendiri yang harus diperhatikan ketika disambungkan satu sama lain. Ada kayu seperti pinus yang relatif mudah dikerjakan karena substratnya yang lembut, namun ada juga kayu seperti maple yang sulit diolah. Di sinilah, Anda harus menyusun rencana yang tepat. Jangan ragu melakukan trial dan error terlebih dahulu. Apalagi bila sebelumnya Anda belum pernah menggunakan kayu terkait.

Memastikan Presisi Pemotongan Kayu

Salah satu faktor penting keberhasilan finger joint ialah presisi ukurannya. Jadi, cermatlah dalam mengukur hingga melakukan pemotongan. Perhatikan juga sifat kembang susut kayu dan kondisi ruangan yang bisa mempengaruhi.

Pengaplikasian Lem yang Tepat

Finger joint sebaiknya diaplikasikan dengan adhesive. Jadi, perhatikan juga tahapan saat lem digunakan. Pastikan Anda melakukan pengeleman sesuai rekomendasinya. Jangan berlebihan dan jangan terlalu kurang. Gunakan juga clam press sampai lem kering benar.

Lem Kayu untuk Finger Joint Harus Berkualitas

kotak finger jointSelain berbagai persoalan “teknis” di atas, yang tak boleh dilupakan dalam aplikasi finger joint ialah ketepatan pemilihan lemnya. Tiap adhesive memiliki sifat sendiri-sendiri. Tak semua adhesive dapat diandalkan untuk kebutuhan penyambungan ini.

Saran produk adhesive kami kepada pembaca adalah Crossbond. Dengan sifat lem yang mudah meresap namun bisa mengikat kayu dengan kuat, Crossbond akan membuat perekatan finger joint jauh lebih kokoh.

Aplikasi Crossbond juga bisa mengatasi persoalan lem yang biasa terjadi saat digunakan untuk sambungan ini. Misalnya lem yang terlalu cepat kering yang membuat sulitnya keberhasilan finger joint. Dengan waktu kering yang tepat, Crossbond sebagai lem kayu untuk finger joint akan memudahkan pekerjaan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here