3 Alasan Mengapa Crossbond adalah Lem Kayu Ramah Lingkungan

737

Bicara mengenai lem berdasarkan daya rekatnya saja, tak ubahnya bicara mengenai almari hanya dari aspek fungsionalnya semata. Di tengah pasar yang makin ketat, aspek lain yang menjadi unggulan harus ditonjolkan. Misalnya aspek keamanannya pada alam. Crossbond adalah contohnya. Didesain khusus, lem ini merupakan salah satu lem kayu ramah lingkungan yang paling bisa diandalkan. Adhesive ini juga tidak hanya hadir dengan klaim kosong saja. Ada setidaknya 3 alasan mengapa Crossbond merupakan lem ramah lingkungan yang bisa menjadi andalan para woodworker.

Ini 3 Alasan Mengapa Crossbond adalah Lem Kayu Ramah Lingkungan

Bahan Dasar PVAc dan Resin Alifatik

PVAc ditemukan pada awal tahun 1910. Polimer sintetis tersebut ditemukan di Jerman dan sejak saat itu mulai banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Lem adalah salah satunya.

Pada masa tersebut, hampir semua lem yang dipakai adalah lem kak atau animal glue. Lem ini memiliki aroma tajam, kurang kuat, sering menimbulkan cacat warna, dan aplikasinya sulit. PVAc yang ternyata dapat digunakan sebagai adhesive hampir menutupi semua kekurangan lem kak. Lem ini tidak berbau, kuat, jarang menimbulkan cacat warna, dan metode aplikasinya sangat mudah.

Keunggulan lain lem kayu ramah lingkungan berbasis PVAc adalah sifatnya yang sangat aman. Polyvinyl acetate memang dikenal sebagai bahan yang tidak membahayakan alam maupun kesehatan manusia. Meski demikian, tiap manufaktur lem PVAc tidak bisa disamakan. Sebab bisa jadi ada manufaktur lem PVAc yang bukan Crossbond mengandalkan bahan campuran berbahaya pada produk adhesive-nya.

Lem Kayu Ramah Lingkungan
Furniture Bambu Laminasi

Indikasi Aman Paling Mudah

Salah satu zat membahayakan yang acap kali ada dalam sebuah produk lem adalah senyawa organik mudah menguap. Contohnya benzena dan formalin. Keberadaan zat-zat tersebut jelas harus diuji di laboratorium untuk memastikannya dengan tepat. Tapi sebagai konsumen jelas kita tak bisa melakukannya bukan?

Tenang. Ada satu indikasi mudah mendeteksi senyawa organik mudah menguap. Cara tersebut dilakukan dengan mencium bau lem. Bila baunya menyengat, maka hampir bisa dipastikan lem tersebut kurang aman karena senyawa organik seperti formalin. Agar lebih yakin, Anda bisa melihat kemasan lem atau langsung saja meminta product info pada manufaktur yang memproduksinya.

Sudah Diformulasikan Sesuai Standar Aman Internasional

Lem Kayu Ramah Lingkungan

Bukan cuma “klaim kosong”! Kemantapan Crossbond sebagai lem yang aman dan ramah lingkungan juga didasarkan pada standar internasional. Secara khusus lem ini diformulasikan berdasarkan aturan:

  1. Environmental Protection Agency
  2. European Chemical Agency
  3. Food and Drugs Administration of United States

Jadi tunggu apa lagi? Crossbond sebagai lem kayu ramah lingkungan akan membuat usaha Anda maju berkualitas dalam semangat cinta alam!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here