Ingin Lantai Bambu Aman? Gunakan Lem untuk Bambu yang Aman Juga!

418
agen lem kayu crossbond

desain bambu bagusKeamanan lantai bambu tak hanya ditentukan dari seberapa bersih kita menyapu dan mengepel bagian rumah tersebut. Sebersih apapun lantai bambu, namun bila aplikasinya tidak melibatkan lem untuk bambu yang aman, maka lantai juga tak akan pernah aman digunakan. Sebab, bagaimanapun juga, lem merupakan komponen yang penting dalam proses pemasangan lantai.

Adhesive biasanya diaplikasikan untuk merekatkan lantai bambu dengan bagian dasarnya, baik langsung pada lantai atau pada media tertentu. Meski akan mengering seiring berjalannya waktu, namun substansi toksik ada kalanya akan terekspos ke udara dalam ruangan atau ke permukaan lantai itu sendiri. Hal ini bisa terjadi dalam beberapa kasus. Misalnya, peningkatan kelembaban yang mendorong zat-zat dalam kandungan lem keluar dari substratnya yang mengering dan naik ke permukaan lantai. Peristiwa seperti ini akan membuat lantai menjadi toksik meski sebelumnya aman digunakan.

lantai bambuBeberapa jenis lem dengan bahan pelarut solvent juga patut diwaspadai. Solvent pelarut organik mengandung senyawa-senyawa mudah menguap yang beracun. Saat pertama diaplikasikan senyawa-senyawa tersebut akan berubah menjadi gas meninggalkan padatan lem yang mengering. Sehingga sifat toksisitas akan berkurang seiring berjalannya waktu. Ciri yang bisa kita amati adalah adanya bau menyengat kala awal lem digunakan dan mulai hilang seiring lem mengering. Sayangnya, meski banyak senyawa organik menguap ke ke udara, beberapa di antaranya biasanya masih akan tertinggal pada lapisan lem kering. Sewaktu-waktu substansi ini bisa berubah menjadi gas yang akan meracuni udara dalam ruangan.

Perlunya Lem untuk Bambu yang Aman

Menyadari bagaimana lem berperan terhadap kondisi kesehatan dalam gedung, sangat dibutuhkan adhesive yang aman digunakan. Faktor ini harus diperhatikan dengan ketat dengan fokus pada beberapa hal seperti:ramah lingkungan label

  1. Pelarut yang digunakan
  2. Kandungan logam berat
  3. Kandungan bahan-bahan lainnya yang membahayakan

Dengan absennya pelarut organik (solvent), logam berat, dan berbagai bahan toksik lainnya, tentu lantai bambu akan jauh lebih aman. Keindahan lantai bambu yang khas, dengan demikian bisa kita nikmati sepenuhnya tanpa takut akan intaian zat-zat toksik yang membahayakan kesehatan.Yuk, pasang lantai dengan lem untuk bambu yang aman!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here