Sudahkan Lem untuk Kayu Anda Tepat dan Berkualitas?

72

Lihatlah berbagai barang di sekitar Anda. Berbagai benda tersebut acap kali terbuat dari kayu yang diolah sedemikian rupa. Ketika kita disuruh menyebutkan bahan-bahan pembuatnya selain kayu, kebanyakan akan menjawab cat. Berapa persen orang yang akan menjawab lem untuk kayu?

Meski kurang populer di masyarakat awam, wood glue atau lem kayu hampir selalu digunakan untuk membuat produk yang terbuat dari material tersebut. Lem kayu memiliki fungsi vital bukan hanya untuk merekatkan komponen struktural produk namun juga berpengaruh pada berbagai aspek lainnya. Contohnya aspek keamanan.

Tahukah Anda pernah terjadi kontroversi di Amerika Serikat terkait lem yang menggunakan formalin? Beberapa orang yang merupakan pengungsi badai Katrina menderita keracunan akibat berlindung pada bangunan yang lemnya mengandung banyak formalin. Akibat kejadian ini, berbagai protes dilayangkan dan pemerintah Amerika Serikat pada akhirnya membatasi penggunaan bahan-bahan berbahaya seperti formalin pada adhesive.

Lem Untuk Kayu
Furniture Kayu

Aspek-aspek lainnya yang akan terdampak antara lain:

  1. Lem yang mendukung struktur produk jelas akan berkaitan langsung dengan wujud akhir produk tersebut. Selain itu, lem juga berpotensi menyebabkan glue line yang bisa merusak keindahan warna.
  2. Ketahanan.
  3. Kemampuan menanggung beban.
  4. Lama produksi.
  5. Dan lain sebagainya.

Lem untuk Kayu Apa yang Bagus?

Mencermati berbagai dampak di atas, satu pertanyaan wajar diajukan: “Sudahkan Anda membeli lem yang tepat?”

Lem Untuk KayuMembeli lem yang tepat tidak bisa dilakukan secara asal baik untuk produksi furniture, konstruksi bangunan, hingga craft. Selain memperhatikan aspek-aspek umum seperti keamanan dan daya rekat, Anda juga harus memperhatikan aspek yang lebih spesifik seperti kecocokan lem dengan tipe perekatan. Khusus untuk lem kayu, produk yang kami sarankan ialah Crossbond.

Berdasarkan tipe perekatannya, Crossbond bisa dibagi menjadi dua:

Crossbond X3: Adalah lem putih berbahan dasar polyvinyl acetate yang diformulasikan untuk kebutuhan perekatan konstruksi. Misalnya perekatan antar komponen meja, kursi, buffet, dan lain sebagainya.

Crossbond X4: Adalah lem resin alifatik yang diformulasikan untuk kebutuhan perekatan laminasi atau pelapisan. Misalnya dalam pembuatan plywood, panel kayu, pemasangan lantai kayu, dst.

Lem Untuk KayuKedua Crossbond telah dimodifikasi dengan inner crosslinker yang menyebabkan daya rekatnya lebih kuat. Lem untuk kayu ini juga memiliki standar keamanan internasional.

Tahukah Anda produk Anda bisa ditolak imigrasi negara pasar bila mengandung bahan-bahan berbahaya? Pemesan dari negara-negara maju seperti Inggris, Jepang, dan Amerika pun biasanya sudah sangat ketat mengenai hal ini. Bila Anda ingin memajukan bisnis dengan meningkatkan kualitasnya, apalagi untuk pasar ekspor, maka Crossbond dengan standar keamanannya yang food grade adalah lem untuk kayu idaman yang bisa diandalkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here