Aplikasi Vinir Sukses Menggunakan Lem untuk Laminasi Kayu yang Bagus

537
lem-putih-untuk-kerajianan-serat-alam

Bagaimanapun juga, untuk menghasilkan produk dengan vinir yang bagus, maka lem untuk vinir yang digunakan juga harus bagus. Seperti apa lem untuk vinir yang bagus itu?

Tips Memilih Lem untuk Laminasi Kayu yang Bagus (Aplikasi Vinir)

Memiliki Daya Rekat Unggulan

aplikasi vinirYang pertama perlu Anda perhatikan adalah daya rekat lem yang akan digunakan. Meskipun pengeleman vinir bukan pengeleman konstruksi, namun aspek ini tetap sangat penting diperhatikan. Anda tak ingin vinir mengelupas bukan?

Bisa Menyebar dengan Baik

Pengeleman laminasi termasuk pengeleman vinir seringkali dilakukan pada media yang luas. Bila lem tidak bisa menyebar dengan merata, tentu kualitas pengeleman akan jatuh. Jadi, belilah adhesive yang daya sebarnya bagus.

Ketahanan yang Baik

Pilih lem dengan daya tahan yang baik. Apalagi untuk produk vinir yang akan diletakkan di luar ruangan. Pilihlah yang memiliki kualitas ketahanan terhadap air, panas, hingga solvent.

Viskositas

Tiap perekatan memerlukan syarat khusus. Pada tipe perekatan laminasi, salah satu syarat khusus tersebut adalah viskositas lemnya. Pilih lem dengan viskositas medium. Dengan demikian, lem bisa meresap dengan baik dan tersebar lebih merata.Lem Untuk Kayu

Cocok pada Vinir dengan Medianya

Faktor berikutnya yang penting Anda perhatikan adalah kecocokan lem dengan medianya. Ingat 3A prinsip pengeleman? Salah satu “A” pada 3A tersebut adalah adherent atau media yang dilem. Vinir sendiri sering diaplikasikan pada media yang sangat beragam, mulai dari kayu biasa, tripleks, sampai mdf dan hdf. Pastikan adhesive yang digunakan cocok untuk bahan-bahan itu. Lakukan uji coba dulu sebelum mengaplikasikannya dalam jumlah besar.

Mudah Digunakan

veneerPercuma membeli lem berkualitas namun sulit diaplikasikan. Jadi belilah adhesive yang bahan, alat, serta teknik aplikasinya sesuai dengan kapasitas Anda.

Faktor Harga

Tak bisa dipungkiri bahwa faktor harga pasti akan menjadi salah satu penentu penting pemilihan lem untuk laminasi kayu. Namun berhati-hatilah dengan faktor ini. “Harga” merupakan aspek yang tricky. Membeli lem murah yang membuat pengeleman gagal tentu tak bisa dibilang hemat. Sedangkan membeli lem yang mahal namun kualitasnya sedang-sedang saja jelas juga bukan solusi. Agar mendapat lem untuk vinir yang baik namun terjangkau, perhatikanlah poin-poin unggulannya. Adhesive yang kami sarankan sendiri adalah Crossbond X4.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here