Pengertian dan Fungsi Lem Kayu Laminasi

600
Agen Lem Kayu Cepat Kering Crossbond

Pernahkah Anda mendengar istilah produk “lem kayu laminasi”? Bisa jadi Anda yang bekerja di dunia woodworking sudah sering mendengarnya. Namun bila belum, Anda bisa mengandalkan informasi di bawah ini untuk lebih mengenal produk lem dengan jenis laminasi tersebut.

panel dinding bagus
Panel kayu, contoh pemanfaatan lem kayu laminasi.

Tipe-tipe Perekatan yang Berlainan

Ada berbagai macam tipe perekatan. Dua yang paling sering digunakan untuk kebutuhan kita adalah perekatan konstruksi dan perekatan laminasi. Pada perekatan laminasi, produk yang dihasilkan biasanya tidak berupa rangka. Produk justru diolah menjadi bahan khusus yang memiliki tambahan area luas maupun tambahan ketebalan.

Lem yang digunakan untuk perekatan laminasipun harus sesuai untuk kebutuhan tersebut. Umumnya kriteria lem yang disyaratkan adalah viskositas medium, daya sebar (cover area) yang luas, serta daya serap yang bagus. Aspek lainnya seperti kekuatan tentu juga penting.

Contoh Produk yang Memanfaatkan Lem Kayu Laminasi

Aplikasi perekatan laminasi telah dilakukan untuk menghasilkan bervariasi produk di pasaran. Berikut ini merupakan contoh benda-benda yang kita kenal dan ternyata dibuat dengan lem kayu laminasi.

Tripleks atau Kayu Lapis

Hadir dengan beragam nama mulai dari tripleks sampai plywood, produk ini memerlukan lem laminasi dalam proses pembuatannya. Triplesk sendiri banyak digunakan untuk pembuatan pintu geser, mebel, hingga langit-langit.

Instalasi Lantai

Instalasi lantai adalah aktivitas kedua yang membutuhkan lem laminasi. Lem laminasi diaplikasikan baik antar komponen lantai maupun antar kayu dengan medium dasarnya.

Veneer atau Vinir

Vinir atau veneer merupakan produk berupa lembaran sangat tipis dari kayu dan bahan lainnya. Vinir digunakan sebagai pelapis untuk mdf, hdf, dan berbagai kayu olahan. Aplikasi pemakaian vinir memerlukan lem kayu laminasi.

Wood Panelling

Wood panelling sering dibuat untuk menghasilkan mebel sampai dinding bangunan. Panel memerlukan lem untuk sambungan komponennya. Aplikasinya mirip dengan pembuatan lantai namun produk ini digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan tersendiri.

Tentu saja selain berbagai produk di atas, masih ada berbagai produk yang memanfaatkan lem kayu laminasi. Untuk mengenalinya mudah saja. Anda tinggal mencocokkan ciri bahan terkait dengan produk-produk yang disebut di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here