Lem Kayu Konstruksi Terbaik Crossbond Mampu Buat Butt Joint Jadi Lebih Kuat

101
lem-aman-untuk-anak

Tak disangka, aplikasi lem kayu konstruksi terbaik Crossbond rupanya bisa membuat sambungan temu menjadi lebih kuat. Sambungan yang terkenal sebagai sambungan paling lemah itupun bisa digunakan untuk produk dengan beban lebih berat.

butt-jointSetiap teknik penyambungan kayu didesain dengan tujuan tertentu. Karena itulah masing-masing wood joinery atau teknik penyambungan memiliki karakter yang berbeda-beda. Perbedaan itu tercermin pada kekuatan hingga tampilan setiap sambungan. Dari berbagai sambungan kayu sendiri, tipe sambungan yang paling sederhana adalah butt joint atau sambungan temu. Cara menyambung kayu dengan teknik ini begitu sederhana. Bagaimana tidak? Anda toh tinggal merekatkan saja dua ujung kayu menggunakan lem atau memakunya.

Namun karena kesederhanaan desainnya, butt joint bisa dibilang merupakan sambungan paling lemah. Ia hanya mengandalkan perekat atau paku tanpa memiliki desain khusus yang bisa membantu kekuatan sambungan. Dikarenakan hal ini, kekuatan sambungan temu murni hanya dipengaruhi oleh lem atau cara kita memakunya. Itupun seringkali masih kurang maksimal bila dibandingkan sambungan lainnya yang juga sama-sama dilem.

Meskipun serba terbatas, bukan berarti tak ada yang bisa dilakukan. Setidaknya ada beberapa usaha yang bisa kita lakukan. Selain memodifikasi butt joint, kita juga bisa menggabungkan aplikasi paku serta lem. Untuk yang terakhir ini, lem yang dipilih pun harus benar-benar lem dengan daya rekat yang baik. Sebab lemlah yang nantinya berpengaruh terhadap perekatan seluruh permukaan kayu yang direkatkan.

Crossbond X3 Jadi Lem Kayu Konstruksi Terbaik untuk Butt Joint

Crossbond X3 menjadi lem bertipe konstruksi yang kami sarankan untuk aplikasi butt joint dengan kekuatan yang baik. Lem ini akan meresap ke dalam kayu dan melakukan perikatan yang kuat dengan substrat tersebut. Crossbond X3 juga dimodifikasi dengan inner cross linker sehingga mampu menghasilkan ikatan ganda yang tak mudah rusak.

Aplikasi Crossbond X3 pada butt joint dapat Anda lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Penyiapan kayu. Haluskan dan ratakan kayu. Selain itu keringkan juga permukaannya.
  2. Oleskan Crossbond X3 pada kedua permukaan kayu.
  3. Rekatkan lalu tunggu hingga kering. Gunakan clamp press.
  4. Aplikasikan paku bila Anda menginginkannya.
  5. Bila Anda hendak memodifikasi butt joint dengan sambungan lain misalnya biscuit joinery, maka aplikasi Crossbond tinggal disesuaikan dengan sambungan tersebut. Crossbond X3 tetap hanya perlu dioleskan saja pada permukaan kayu yang hendak direkatkan.
  6. Selesai

Selain mudah, cara aplikasi lem kayu konstruksi terbaik di atas juga memiliki tingkat keberhasilan tinggi. Jadi, Anda tak perlu khawatir akan kelancaran proses produksi saat menggunakan lem ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here