Yuk Kenali Berbagai Jenis Lem untuk Kayu ini

393
bambu laminasi

Berdasarkan formulasi dasarnya, lem untuk kayu bisa dibedakan menjadi beragam jenis. Memperhatikan karakter jenis-jenis lem tersebut akan sangat berguna dalam membantu Anda memilih adhesive yang tepat.

lem kayu (3)Istilah lem kayu sering mengarah pada sesuatu yang rancu. Lem kayu disinonimkan dengan lem putih atau PVAc padahal ada banyak lem yang ditujukan untuk kayu namun tidak berbahan dasar PVAc. Berikut ini selengkapnya berbaga jenis lem tersebut.

Jenis-jenis Lem untuk Kayu

Lem PVAc dan Lem PVAc Tahan Air

Lem PVAc merupakan lem yang terbuat dari bahan dasar polimer polyvinyl acetate. Tipe lem seperti ini paling banyak digunakan di industri woodworking karena kualitasnya yang secara umum lebih baik. Lem PVAc juga sudah banyak mengalami modifikasi hingga menghasilkan beragam varian. Contohnya Crossbond X4 yang merupakan lem PVAc dengan modifikasi ketahanan terhadap air.

Epoksi

Lem epoksi adalah lem yang penggunaannya melibatkan dua komponen. Satu komponen berupa resin dan komponen yang lain berupa hardener. Meski tak sekuat lem PVAc, epoksi memiliki ketahanan terhadap suhu yang bagus.

Polyurethane

PU atau polyurethane banyak digunakan untuk mengelem benda non kayu pada kayu. Lem ini mengandung isosianat yang ketika terpapar kelembaban akan bereaksi dengan molekul air.

Hot Glue

Lem tembak atau hot glue memiliki keunggulan berupa penggunaan yang sangat praktis. Meski demikian, daya tahan dan daya rekat lem ini tidak begitu baik.

Hide Glue

Lem kak atau hide glue merupakan lem dari masa lalu yang memanfaatkan kolagen hewan. Penggunaannya saat ini sudah menurun banyak seiring dengan ditemukannya berbagai formulasi lem modern.

Mana Jenis Lem untuk Kayu yang Baik?

Dari berbagai jenis lem di atas, memilih lem PVAc bisa dibilang merupakan salah satu cara paling aman yang bisa dipilih. PVAc seperti Crossbond bisa digunakan pada berbagai jenis kayu dan berbagai kondisi. Namun pada dasarnya, yang utama harus dilakukan adalah memilih lem berdasarkan kebutuhan Anda sendiri. Kenalilah apa yang Anda perlukan dan pilih lem untuk kayu yang tepat sesuai keperluan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here