Lem Kayu Laminasi untuk Furniture Lengkung ala Masa Depan

360
Manufaktur Lem Kayu Terbaik Crossbond

Perhatikan gambar di bawah. Kursi tersebut termasuk salah satu furniture yang dibuat dengan teknik bent lamination atau laminasi lengkung. Selain keterampilan yang harus mumpuni, pembuatan furniture seperti itus juga membutuhkan lem kayu laminasi berkelas.

kursi laminasi lengkung

Apa itu Laminasi Kayu Melengkung?

Laminasi kayu melengkung atau dalam Bahasa Inggrisnya disebut dengan bent lamination merupakan salah satu teknik pengolahan kayu yang dinilai sangat inovatif.

Pada masa lalu, teknik pelengkungan sebenarnya sudah diterapkan, namun bukan untuk kayu laminasi. Umumnya, pelengkungan langsung diterapkan pada kayu solid, Penggunaan kayu laminasi sendiri akan memberikan beberapa keunggulan seperti ketersediaan permukaan lebar yang bisa dilengkungkan.

Umumnya, teknik bent laminationm digunakan untuk keperluan pembuatan produk-produk seperti kursi. Kesan yang dihasilkan oleh teknik sangat khas. Sebab meski di satu sisi tampak sederhana, namun di sisi lain memberikan aksen berkelas, mewah, dan futuristik.

Pada momen trend desain futuristik dan modern, furniture bent lamination sangat diunggulkan. Meski seolah meredup, namun di era trend desain natural, teknik ini pun sebenarnya bisa tetap mencuri perhatian. Misalnya saja dengan kombinasi bent lamination dengan warna kayu rustic dan vintage. Atau bisa juga dengan penerapannya pada furniture-furniture lawas yang sedikit dimodifikasi.

Lem Kayu Laminasi yang Dibutuhkan

Lem Kayu Laminasi

Baik pembuatan maupun penggunaan kayu laminasi lengkung, pasti akan membutuh adhesive atau bahan perekat. Pada proses pembuatan, lem diperlukan untuk merekatkan komponen kayu secara lamination. Misalnya dalam bentuk panelling maupun dalam bentuk pelapisan. Tipe lem ya ng diperlukan adalah tipe lem laminasi seperti Crossbond X4. Karena akan dilenkungkan, lem yang digunakan juga harus tahan selama proses tersebut.

Pada proses pengaplikasian, lem diperlukan untuk merekatkan produk pada rangka penyusunnya. Pada tahapan aplikasi ini, bisa digunakan lem laminasi maupun lem konstruksi sesuai dengan kebutuhan kita.

Karena berfungsi secara langsung untuk proses pembuatan kayu laminasi maupun furniture kayu laminasi, bisa dibilang penggunaan lem wajib selalu diperhatikan. Tanpa lem berkualitas, keterampilan kita yang sudah bagus hampir pasti tak ada artinya. Jadi, selalulah memilih lem kayu laminasi dengan cermat. Perhatikan mulai dari daya rekat sampai ketahanannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here