Ensiklopedia Jenis-jenis Lem Plastik yang Paling Tepat Digunakan

79
Plastic buttons 20190306

Ini lho jenis-jenis lem plastik yang bisa Anda gunakan. Pemilihan lem untuk material plastik memang tak boleh dilakukan secara sembarangan.

Plastik merupakan material sintetis yang memiliki banyak kegunaan. Bahan ini dalam prosesnya terbentuk dari kondensasi organik atau pemberian bahan polimer ke dalamnya. Selain itu, ditambahkan juga material lain untuk meningkatkan kualitas bahan tersebut.

Secara umum, bahan ini memiliki karakteristik yang beragam. Dan karena karakteristiknya tersebut, bahan ini banyak digunakan di berbagai bidang industri dari industri otomotif, furniture, sampai industri mainan anak. Hingga hari ini sendiri, terdapat berbagai jenis bahan plastik mulai dari vinyl chloride, polyethylene, silicone, acrylic, urethane, dan lain sebagainya.

Di kehidupan sehari-hari kita sering mendapati bahan ini digunakan untuk membuat barang elektronik, kendaraan bermotor, sampai untuk membuat pembungkus makanan.

Apa ya Jenis Lem Plastik yang Tepat?

Karena digunakan di berbagai bidang industri, pengolahan plastik sudah pasti memerlukan bahan yang lain. Salah satunya adalah perekat atau lem. Masalahnya, memilih lem untuk bahan plastik tidak semudah memilih adhesive untuk bahan yang lain. Untungnya, di pasaran sudah tersedia beberapa pilihan adhesive yang bisa dipertimbangkan.

Super Glue

Super glue adalah lem dengan bahan aktif cyanoacrylate. Lem ini merupakan lem yang sebetulnya bisa digunakan pada berbagai bahan lain seperti logam hingga kaca. Cyanoacrylate memiliki daya rekat yang cukup baik, tidak glue line, dan lebih mudah digunakan. Lem ini bisa digunakan pada berbagai jenis plastik, tapi memerlukan modifikasi untuk plastik yang sulit direkatkan seperti plastik pada pipa industri.

Kekurangan lem super glue terletak pada sifatnya yang tidak terlalu tahan terhadap beban. Sehingga bonding area sambungannya lebih rentan rusak ketika dikenai beban dibanding bonding dari adhesive yang lain.

Lem Epoksi

Epoksi adalah lem yang terdiri dari dua variasi. Yang pertama adalah lem epoksi 1 komponen, dan yang kedua adalah lem epoksi 2 komponen. Lem epoksi 1 komponen memiliki kelebihan pada resistensinya yang lebih baik pada beberapa bahan kimia.

Epoksi sendiri seperti super glue merupakan lem yang bisa digunakan pada berbagai bahan dari mulai logam, kaca, kayu, bebatuan, dan masih banyak lagi. Pada epoksi 2 k, lem diaplikasikan dengan mencampur 2 komponen yakni resin dengan hardener.

Keunggulan lem ini adalah sifatnya yang kuat, tahan panas, tahan air, dan tahan pada beberapa zat kimia. Kekurangannya, lem ini tidak bisa diaplikasikan pada semua perekatan untuk plastik. Epoksi cenderung membentuk lapisan tebal sehingga dalam penggunaanya mesti harus lebih hati-hati.

Lem EVA

Jenis lem plastik lain yang bisa digunakan adalah lem ethylene vinyl acetate. Lem ethylene vinyl acetate biasa disingkat sebagai lem EVA. Lem ini merupakan lem yang tergolong sebagai hot melt adhesive. Namun ada juga beberapa modifikasi EVA yang sudah tidak diaplikasikan sebagai lem hot melt.

Lem EVA memiliki daya rekat yang baik, tahan terhadap berbagai faktor perusak, dan tidak menyebabkan glue line. Namun seperti super glue, lem ini tak begitu disarankan untuk perekatan yang membutuhkan impact resistance tinggi. Lem ini lebih cocok untuk perekatan pelapisan lebar seperti pada perekatan HPL dan PVC untuk finishing furniture hingga dinding bangunan.

Lem Akrilik Struktural

Lem akrilik structural adalah salah satu jenis lem plastik yang juga bisa digunakan. Lem ini lebih aman dan secara umum memiliki kualitas yang baik, namun tidak sebaik kebanyakan lem untuk perekatan pada plastik lainnya.

Lem Stick Glue

Bagi Anda yang ingin membuat kerajinan dengan botol plastik atau kerajinan sejenis, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan lem EVA, super glue, dan stick glue. Stick glue biasanya dijual dalam bentuk menyerupai lilin. Lem ini diaplikasikan menggunakan glue gun. Proses pengaplikasiannya sendiri dilakukan dengan memanaskan adhesive karena stick glue tergolong sebagai lem hot melt adhesive.

Mana Jenis Lem Plastik yang Sebaiknya Dipilih ya?

Di atas, sudah dijelaskan bermacam-macam jenis lem yang bisa digunakan untuk plastik. Saat Anda hendak membeli satu dari sekian lem tersebut, pastikanlah Anda membeli lem yang tepat. Ingat, tiap keperluan perekatan membutuhkan jenis lem yang spesifik.

Untuk perekatan plastik yang elastis misalnya, tentu pilihannya berbeda dengan saat membeli lem untuk pipa plastik, rangka mebel plastik, dan sejenisnya.

Selain itu, pada satu jenis lem saja, Anda akan mendapati merk yang begitu berlainan di pasaran. Saat membeli lem untuk bahan ini, pastikan Anda membeli produk yang tepat. Perhatikan fitur atau karakteristik tiap adhesive. Apakah ada tambahan untuk kebutuhan Anda atau tidak?

Mau Pasang HPL?

hpl

HPL adalah salah satu jenis material plastik. HPL merupakan singkatan dari High Pressure Laminate. Bahan ini banyak digunakan sebagai pelapis untuk mebel hingga dinding bangunan. HPL hadir dengan keunggulan berupa:

  1. Sifatnya tidak mudah rusak terserang hama serangga dan jamur
  2. Pola dan warnanya beragam, bahkan ada yang polanya menyerupai veneer kayu mahal
  3. Harga yang sangat bervariasi

Untuk merekatkan HPL tentu dibutuhkan lem tersendiri. Dan, di antara berbagai jenis lem plastik di atas, adhesive terbaik untuk kebutuhan ini adalah lem EVA, khususnya dari merk Eva Phaethon.

Keunggulan lem Eva Phaethon untuk aplikasi HPL bukan hanya terletak pada daya rekatnya yang baik. Lem ini pun secara spesifik didesain untuk merekatkan media yang karakternya berlainan. Jadi, kita bisa menggunakannya untuk merekatkan HPL yang porositasnya rendah dengan kayu atau tembok yang porositasnya lebih tinggi.

Eva Phaethon juga tidak tebal, lebih aman digunakan, dan lebih mudah. Lem ini pun bisa Anda beli dengan harga lebih terjangkau dengan proses pembelian secara langsung atau online.

eva-pheathon

Kontak dan Pemesanan

Pembelian Eva Phaethon bisa dilakukan secara online ataupun secara langsung. Pembelian secara online bisa dilakukan dengan menghubungi kami via kontak yang disediakan. CS kami akan memandu Anda dengan baik dan profesional. Atau, Anda juga bisa membeli secara langsung di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Cirebon, dan juga Jepara. Silahkan saja pilih cara pembelian Eva Phaethon yang paling sesuai dengan Anda.

Simpulan

Apa yang bisa kita simpulkan dari penjabaran di atas?

  1. Pertama, bahan plastik adalah salah satu bahan yang banyak digunakan manusia.
  2. Untuk mengolah dan membentuk berbagai bahan plastik, kita butuh lem yang bagus.
  3. Hingga hari ini di pasaran, terdapat beberapa jenis lem plastik antara lain lem epoksi, lem super glue, lem akrilik, hingga lem Eva.
  4. Saat hendak membeli lem, pastikan jenisnya tepat dan merknya pun hadir dengan fitur yang sesuai kebutuhan Anda.
  5. Untuk perekatan HPL sendiri, Anda selalu bisa mengandalkan lem Eva Phaethon.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here