Lem yang Jelek itu Seperti Apa sih?

182

Banyak di antara kita yang bingung saat harus membeli lem yang bagus. Salah satunya karena kita tak tahu lem yang jelek itu seperti apa. Nah, kali ini, kami akan membahas mengenai hal-hal yang membuat lem berkualitas buruk.

7 Kriteria Lem yang Jelek

Tidak Cocok dengan Kebutuhan Anda

Sebuah produk lem akan dianggap buruk sebaik apapun kualitasnya bila tidak sesuai dengan keperluan pengeleman kita. Misalnya begini. Anda ingin merekatkan dua media sekaligus gap feeling atau mengisi retak pada media tersebut. Bila Anda menggunakan lem yang pelapisannya tipis tentu sama sekali tidak tepat. Sebab lem tersebut tak bisa mengisi retak pada media itu.

Sebaliknya juga bila Anda ingin mengelem mebel taman. Tentu Anda akan salah bila menggunakan lem indoor. Belum lama Anda mengelem, mebel indoor Anda sudah akan rusak.

Sayangnya, kesalahan pemilihan lem ini masih sangat marak terjadi. Umumnya disebabkan karena pengguna lem masih sangat awm di bidang perekatan.

Daya Rekat Tidak Sesuai

Apakah semakin baik daya rekat lem maka semakin baik pula hasil pengeleman? Secara umum iya, tapi kadang tidak juga. Daya rekat lem merupakan kualitas yang terbentuk dari formula tertentu. Kadang, untuk menciptakan lem yang daya rekatnya baik, diperlukan formula yang lebih banyak dan memanfaatkan bahan-bahan khusus.

Misalnya begini. Anda ingin merekatkan serat alam untuk membuat kerajinan. Daya rekat lem tentu harus baik tapi tak perlu daya rekat yang memiliki impact resistance tinggi. Bila Anda memaksakan diri membeli lem dengan daya rekat paling baik, Anda yang justru bisa rugi karena malah membeli lem yang kemahalan. Atau, bisa jadi formula lem yang terlalu keras itu akan menyebabkan serat alam menjadi rusak.

Jadi, poin ini pun bisa menjadi poin saat hendak membeli lem. Hindari lem yang jelek yang daya rekatnya tidak sesuai denagn keperluan Anda.

Tidak Tahan Lama

Daya rekat lem berlaku secara relative. Tapi ketahanan lem merupakan poin yang universal. Lem yang bagus haruslah lem yang bisa merekatkan media dalam waktu yang lama. Sebab, ketahanan lem berimplikasi pada masa pakai produk tersebut. Sebuah kerajinan kayu misalnya, membutuhkan lem untuk merekatkan komponen-komponennya.

Bila lem yang digunakan tiidak tahan lama, tentu produk kerajinan kayu itupun akan turut tidak awet juga. Makanya, pastikan selalu membeli lem yang tahan lama, tidak mudah rusak.

Untuk membeli lem yang tidak mudah rusak, perhatikan di mana produk kita nanti akan ditempatkan. Lem yang akan digunakan di produk yang diletakkan di tempat lembab, mestinya harus tahan kelembaban. Begitu pula lem yang akan digunakan untuk produk yang diletakkan di luar ruangan, haruslah merupakan lem outdoor.

Lem yang Jelek ya Lem yang Sebabkan Glue Line

Kriteria lain lem berkualitas buruk adalah lem yang meninggalkan glue line. Glue line adalah semacam noda pada area pengeleman. Glue line bisa menyebabkan keindahan produk berkurang. Misalnya saja pada penjilidan buku. Apabila Anda menggunakan lem kertas yang glue line, jangan heran kalau area penjilidan akan tampak berwarna kehitaman.

Sama juga pada mebel. Bila Anda menggunakan lem kayu yang glue line, maka area pengeleman mebel kayu pun akan tampak berwarna buruk.

Glue line memberikan efek terparah pada pengeleman kaca atau gelas. Sebab kaca bersifat transparan. Apabila lem yang digunakan menyebabkan warna, maka hasilnya akan terlihat sangat jelek.

Waktu Pengeringan Terlalu Lama

Proses pengeleman dianggap selesai ketika lem sudah mengering. Bila proyek Anda tak banyak, mungkin aspek ini tak terasa begitu penting. Tapi bila proyek Anda banyak dan terus menerus, tentu aspek ini sangat penting. Lem yang pengeringannya terlalu lama merupakan lem yang jelek sebab akan membuat proses produksi lambat. Waktu dan tenaga yang harus dikeluarkan pun lebih besar. Pada akhirnya, Anda akan menjadi sangat boros.

Tidak Bisa Memenuhi Kebutuhan Spesifik Anda

Beberapa pengeleman membutuhkan keperluan yang spesifik. Misalnya ketahanan pada zat kimia tertentu. Makanya saat membeli lem, Anda perlu memperhatikan kriteria spesifik tersebut.

Harga Menipu

Hindari juga lem yang harganya menipu. Ada lem-lem yang harganya mahal tapi kualitasnya sebetulnya biasa saja. Ada juga lem yang harganya murah tapi kualitasnya jauh di bawah standar. Bahan perekat seperti itu pada akhirnya akan membuat boros ongkos produksi. Memilih lem murah yang murahan, misalnya, bukannya hemat, proses produksi menjadi tidak lancar. Kualitas produk pun akan menrun secara drastic.

Kalau Lem yang Bagus, Ini Jawabannya

Di atas sudah dijelaskan mengenai beberapa poin lem yang jelek. Kalau lem yang bagus? Tentu berkebalikan dengan poin-poin di atas. Dan di bawah ini adalah beberapa contoh lem dengan kualitas yang tak perlu ditanyakan lagi.

Lem Kayu Crossbond

Lem kayu Crossbond adalah lem yang didesain untuk perekatan kayu. Crossbond bisa digunakan untuk pembuatan furniture, rangka bangunan, dan lain sebagainya. Terdapat dua tipe Crossbond, yakni Crossbond X3 dan Crossbond X4. Crossbond X3 untuk perekatan structural, dan Crossbond X4 untuk laminasi.

lem kayu untuk gitar crossbond

Lem Kertas Ultra Phaethon

Bila lem kayu yang bagus adalah Crossbond, lem kertas yang berkualitas tinggi adalah lem Ultra Phaethon. Ultra Phaethon bisa digunakan untuk membuat jilid buku, membuat kerajinan kertas, dan membuat berbagai kerajinan serat alam. Selain daya rekatnya pas, lem ini juga bisa Anda beli dengan harga yang terjangkau sehingga sesuai dengan kebutuhan industri kerajinan atau craft.

Lem HPL Eva Phaethon

Bagaimana bila Anda ingin mengelem pelapis seperti HPL (High Pressure Laminate)? Untuk kebutuhan perekatan HPL, Anda bisa menggunakan lem Eva Phaethon. Eva Phaethon adalah lem ethylene vinyl acetate. Lem ini bisa digunakan untuk merekatkan bahan yang sifatnya berbeda. Jadi, lem ini sangat cocok digunakan untuk mengelem pelapis HPL dengan kayu atau dengan tembok. Lem ini juga tahan lama dan bisa Anda beli dengan harga yang terjangkau lho.

Kontak dan Pemesanan

Kami menyediakan lem Crossbond, Ultra Phaethon, dan juga lem Eva Phaethon. Bagi Anda yang ingin membeli adhesive-adhesive berkualitas tersebut, segera pesan di tempat kami sekarang juga. Pembelian bisa dilakukan secara langsung ataupun secara tidak langsung. Pembelian secara langsung bisa dilakukan dengan bertandang ke tempat kami di Bio Service Point. Sedangkan pembelian secara online bisa dilakukan dengan menghubungi kami via CS yang disediakan.

Anda juga bisa melakukan konsultasi gratis selama menggunakan produk kami. Kami akan memastikan Anda bisa mendapatkan manfaat terbaik dari lem-lem yang kami sediakan.

Semoga artikel ini bermanfaat ya untuk Anda. Nantikan juga berbagai info menarik lainnya seperti informasi kriteria lem yang jelek seperti di artikel ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here