Perlu Tidak Ya Beli Mesin Planer?

179
mesin planer

Mesin planer bisa membuat pekerjaan seorang tukang menjadi lebih mudah. Sebenarnya, seperti apa mesin ini dan apa semua tukang harus memilikinya?

Ada berbagai macam alat untuk mendukung pengerjaan proyek woodworking. Semakin hari, alat-alat yang tersedia semakin canggih dibanding yang lama. Misalnya, bila dulu pengamplasan dilakukan secara manual, kini pengamplasan sudah bisa dilakukan dengan mesin elektrik.

Nah, salah satu mesin yang tergolong inovasi modern dan sangat membantu dunia pertukangan adalah planer. Seperti apa ya mesin ini?

Definisi dari Mesin Planer

Planer dalam Bahasa Inggris disebut sebagai wood thickness machine. Maksudnya, alat ini didesain untuk menyamakan ketebalan kayu.

Ketebalan kayu?

Ya. Pada satu papan atau balok kayu, ketebalan dan permukaannya harus sudah rata untuk bisa diolah lebih lanjut. Bila ketebalan dan permukaannya tidak rata, maka kayu tersebut tidak bisa digunakan atau sangat menyulitkan ketika akan digunakan.

Bayangkan, Anda perlu kayu untuk membuat rangka atap dengan ukuran yang presisi. Tapi kayu tersebut memiliki ketebalan yang berbeda pada ujung-ujungnya. Satu ujung lebih tebal dibanding yang lain. Apabila kayu itu dipaksakan dipakai, otomatis rangka tidak akan lurus sesuai rencana.

mesin planer

Planer didesain khusus untuk mengatasi masalah ini. Dengan mesin ini, maka ketebalan kayu dari ujung satu ke ujung yang lain bisa disamakan.

Mesin planer sendiri sampai kini bisa dibagi menjadi dua jenis, yakni:

  1. Planer portable. Planer ini berbentuk lebih kecil dan memiliki semacam handel atau pegangan. Untuk menggunakannya, diperlukan keterampilan lebih. Selain itu, clamp juga harus digunakan agar kayu stabil.
  2. Planer stationary. Planer ini memiliki bentuk lebih besar. Tidak diperlukan clamp, dan Anda tinggal memasukkan kayu ke dalam mesin saja supaya bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Apa Semua Tukang Butuh Mesin Planer?

Tidak semua. Berhubung alat ini harganya mahal, maka biasanya yang memiliki alat ini adalah pelaku usaha sedang hingga menengah.

Untung Rugi Membeli Mesin Planer

Keuntungan Membeli Planer

  1. Kerja Anda lebih cepat
  2. Kerja Anda lebih efisien
  3. Hasil penyamaan ketebalan kayu lebih rata dan presisi

Kerugian Menggunakan Planer

Sebetulnya tidak ada kerugian khusus ketika Anda menggunakan mesin ini. Hanya saja, seperti disebut sebelumnya, harga mesin ini memang tergolong mahal. Untuk proyek kecil, alat ini tidak wajib dibutuhkan.

Apa Beda Planer atau Jointer, ya?

Banyak orang yang menyamakan jointer dengan planer. Kadang, ada juga yang menganggap bahwa fungsi planer sama dengan fungsi jointer, yaitu untuk meratakan permukaan kayu. Padahal ini tidak benar.

Planer dan jointer adalah alat yang berbeda. Kedua alat ini memiliki fungsi yang berlainan.

  1. Jointer memiliki fungsi untuk menyamakan permukaan kayu. Misalnya untuk meratakan permukaan kayu yang melengkung.
  2. Planer memiliki fungsi untuk menyamakan ketebalan kayu. Misalnya untuk menyamakan ketebalan sepotong kayu yang antar satu ujung dengan ujung lainnya memiliki ketebalan yang berlainan.

Perbedaan kedua alat ini berimplikasi pada struktur alatnya. Pada jointer, digunakan dua buah bagian meja yang ditengahnya terdapat mata pisau berputar. Kayu akan dilewatkan pada dua meja yang tingginya berbeda dengan herapan, perbedaan tinggi permukaan kayu bisa disamakan. Sedangkan pada planer, kayu akan dilewatkan pada papan dengan mata pisau tanpa adanya papan meja yang berlainan tingginya.

Soal Lem, Serahkan pada Bio Industries!

Di atas sudah dijelaskan mengenai mesin planer hinhgga perbedaannya dengan jointer. Nah, sebagai situs yang membahas mengenai dunia perekatan, kami ini merekomendasikan lem yang tepat untuk Anda.

Adhesive yang kami sarankan ada beberapa jenis. Sebab, saat membeli lem, kita perlu mencocokkannya dengan material yang akan dilem. Secara umum, dalam industri mebel dan kerajinan, lem yang kami sarankan ialah Crossbond, Ultra Phaethon, dan juga Eva Phaethon.

Lem Crossbond

Lem andalan Bio Industries adalah Crossbond. Crossbond adalah lem kayu dengan bahan utama polyvinyl acetate atau PVAc. Lem ini terdiri dari dua varian dengan fungsi dan spesifikasi berbeda, yakni:

  1. Crossbond X3. Lem ini adalah lem untuk penyambungan kayu. Lem Crossbond X3 adalah lem indoor yang kuat, tahan lama, mudah digunakan, dan tidak berbau pedas menyengat.
  2. Crossbond X4. Lem ini adalah lem untuk perekatan permukaan lebar. Lem ini adalah lem indoor dan outdoor yang daya rekatnya kuat, tahan lama, mudah digunakan, dan tidak berbau pedas menyengat.

Lem Eva Phaethon

Lem Eva Phaethon adalah lem untuk berbagai bahan. Lem ini bisa digunakan untuk merekatkan lapisan PVC, HPL, dan lain sebagainya. Keunggulan khusus Eva Phaethon adalah kemampuannya merekatkan media yang berlainan karakter. Misalnya antara karakter berporisitas tinggi seperti kayu dengan karakter berporositas rendah seperti HPL.

Misalnya, setelah meratakan ketebalan kayu dengan mesin planer, Anda ingin melapisinya dengan High Pressure Laminate, maka pilihan Anda adalah lem Eva Phaethon ini. Oh ya, harga lem Eva Phaethon juga terjangkau lho sehingga sangat cocok untuk kebutuhan industri yang memerlukan lem dengan budget rasional.

Lem Ultra Phaethon

Lem Ultra Phaethon adalah lem kerajinan berbahan dasar polyvinyl acetate atau PVAc. Bahan utamanya sama dengan Crossbond tapi ditujukan untuk kebutuhan yang berbeda. Misal, dari segi daya rekat, Ultra Phaethon lebih lemah dibanding Crossbond. Tapi ini bukanlah suatu kekurangan. Sebab, daya rekat Ultra Phaethon disesuaikan dengan bahan yang akan direkatkannya seperti serat alam dan kertas. Justru dengan formulasi tersebut, harga lem Ultra Phaethon lebih murah sehingga sangat cocok untuk industri kerajinan, penjilidan, dan kertas. Selain itu, formula Ultra Phaethon yang tidak keras pun aman digunakan pada berbagai jenis kertas lho.

Kontak dan Pemesanan

Dapatkan ketiga jenis lem yang disediakan Bio Industries di atas dengan cara di bawah ini.

  1. Pembelian secara daring. Iya, kamu bisa membeli lem-lem ini secara daring atau online lho. Caranya mudah sekali. Silahkan saja kontak Customer Service kami. Ada pilihan untuk kontak dengan email, WA, hingga telepon. CS kami juga bisa Anda andalkan untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai lem-lem tersebut secara lebih mendalam.
  2. Pembelian secara langsung. Ya, masa tidak bisa membeli secara langsung? Anda juga bisa membeli lem Bio Industries secara langsung di Bio Service Point atau di agen kami. Saat ini, Bio Service Point dibuka di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon. Nah kalau Anda jauh dari ketiga Bio Service Point, silahkan hubungi CS kami untuk mendapatkan informasi agen yang terdekat.

Bagaimana dengan membeli di toko online? Tentu saja bisa. Anda bisa membeli lewat tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lain sebagainya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda ya. Nantikan terus informasi lainnya yang menarik seperti mengenai mesin planer ini di lemadhesive.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here