Yang ini Lem untuk Besi yang Paling Bagus

63

Besi adalah salah satu jenis logam yang banyak digunakan manusia. Apa ya jenis lem untuk besi yang paling cocok untuk digunakan?

Besi adalah salah satu unsur kimia dengan nama Fe. Di antara berbagai zat lainnya di bumi, besi atau Fe berada dalam jumlah terbanyak dilihat dari massanya. Namun demikian, penggunaan besi sebetulnya tidak terlacak sejak zaman awal peradaban manusia. Mulanya, masyarakat menggunakan tulang dan kayu. Logam pertama yang biasa digunakan adalah perunggu. Masa-masa penggunaan perunggu ini disebut sebagai bronze age.

Ketika manusia akhirnya bisa mengolah besi, berbagai produk baru pun bermunculan. Besi banyak dipakai untuk membuat pisau, pedang, perisai, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sampai hari ini, besi juga masih sering digunakan karena biaya pemakaian yang murah denagn kualitas yang baik. Namun tentu saja, penggunaan besi seringkali disertai dengan lemnya. Pertanyaannya, apa jenis lem yang bagus untuk digunakan pada besi?

Kriteria Jenis Lem untuk Besi yang Bagus

Tiap perekatan memerlukan karakteristik yang ideal. Dan untuk pengeleman pada besi secara umum ada dua hal yang wajib diperhatikan. Pertama, ketahanan bonding pada guncangan, dan yang kedua ketahanannya pada panas.

Kenapa ketahanan pada guncangan? Sebab seringkali besi dipakai pada produk-produk di mana terjadi guncangan sedang hingga berat. Misalnya untuk industri otomotif, mesin, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, lem tidak boleh mudah putus atau rusak ketika terjadi guncangan. Di sisi lain, lem juga harus tahan panas.

Besi, sebagaimana bahan logam lainnya merupakan konduktor yang baik. Lem ini bisa melewatkan panas dengan sangat efektif. Apabila kita mengelem produk besi dengan lem yang tidak tahan panas, bisa-bisa produk besi rusak dengan komponen yang tercerai berai.

Jenis-jenis Lem untuk Besi

Epoksi

Lem epoksi adalah lem yang terdiri atas resin dengan katalis. Secara tradisional, penggunaan epoksi dilakukan dengan mencampurkan resin dengan hardener. Pencampuran ini akan menghasilkan suatu lapisan keras yang merekat erat pada media di mana ia diaplikasikan.

Sebagai lem untuk besi, epoksi memiliki daya rekat yang sangat bagus dan ketahanan pada beberapa bahan kimia. Lem ini juga tahan panas dan beban. Hanya saja, elastisitas adhesive ini cenderung kurang dibanding lem polyurethane.

Cyanoacrylate

Cyanoacrylate adalah adhesive yang biasa disebut sebagai super glue. Lem ini merupakan lem yang secara umujm memiliki kualitas cukup baik untuk perekatan logam termasuk besi. Namun penggunaannya lebih terbatas dibanding lem lainnya sebab super glue memiliki daya rekat yang lebih lemah apabila dibandingkan dengan lem lainnya. Bila Anda memiliki proyek kecil-kecilan dengan besi atau proyek di mana perekatan pada besi tak harus sangat kuat, Anda bisa menggunakan lem ini. Kelebihan lain super glue adalah harganya yang lebih terjangkau.

PU

PU adalah lem yang memiliki daya rekat yang sangat baik sebanding dengan lem epoksi. Lem ini adalah lem non hot melt dan proses penggunaannya juga lebih mudah dibanding epoxy 2K. PU memiliki keunggulan atas sifatnya yang tahan lama, daya rekat kuat, tidak mudah rusak, dan tidak menyebabkan noda warna pada media.

Kelebihan PU yang lain terletak pada sifatnya yang lebih elastis, lebih tahan terhadap perubahan suhu, lebih aman digunakan, dan juga lebih aman. Sifat elastisitas polyurethane inilah yang membuat adhesive ini sering direkomendasikan sebagai lem untuk bes.

Tips Membeli Lem untuk Besi di Pasaran

Ada berbagai jenis lem yang bisa digunakan untuk besi. Ada epoksi, PU, hingga cyanoacrylate seperti yang disebut di atas. Tapi saat hendak membeli lem, jangan cuma memerhatikan jenis lemnya saja. Anda juga harus memerhatikan beberapa hal yang lain:

  1. Fitur. Dalam produksi lem, digunakan formula yang berbeda meski jenis lemnya sama. Akibatnya, kualitas lem yang sama jenisnya bisa berlainan.
  2. Merk lem. Apakah merk lem tersebut terpercaya atau tidak.
  3. Cara aplikasi. Anda tentu harus memerhatikan cara aplikasi lem. Pilih lem yang bisa diaplikasikan dengan perlengkapan dan keterampilan yang Anda punya.
  4. Harga lem. Pilih adhesive yang harganya rasional dengan kualitas yang ditawarkannya.
  5. Waktu curing lem. Pilih lem dengan proses curing sesuai alur kerja di tempat Anda.

Kalau Mau Mengelem HPL, Gunakan Eva Phaethon

Sudah diterangkan mengenai jenis lem untuk besi di atas. Di lemadhesive, kami juga menyediakan lem tersendiri lho. Lem yang kami sediakan adalah lem Eva Phaethon. Tapi lem Eva Phaethon bukanlah lem untuk besi, melainkan lem untuk bahan plastik khususnya HPL dengan PVC.

HPL dan PVC sering digunakan untuk pelapisan pada furniture ataupun dinding. Pemilihan adhesive yang tepat untuk keduanya berdampak pada kualitas finishing itu sendiri. Makanya dibutuhkan lem yang kualitasnya baik.

Memilih lem untuk HPL dan PVC pun tak bisa dilakukan sembarangan seperti saat memilih lem untuk besi. Pasalnya, adhesive untuk PVC dan HPL umumnya harus bisa merekatkan bahan beda karakter. Padahal tidak semua lem bisa digunakan untuk kebutuhan tersebut.

Eva Phaethonlah yang bisa diandalkan untuk kebutuhan ini. Eva Phaethon bukan hanya kuat, efektif, dan tahan lama, akan tetapi juga sangat bagus digunakan untuk perekatan media yang karakternya berbeda seperti antara kayu dengan HPL, atau kayu tembok dengan PVC.

Kontak dan Pemesanan Lem Eva Phaethon

Mau beli Eva Phaethon? Ayo dapatkan lem Eva Phaethon sekarang juga. Eva Phaethon bisa dibeli dengan cara yang mudah. Anda bisa membeli secara langsung di Jepara, Cirebon, dan Yogyakarta. Silahkan saja ke Bio Service Point di ketiga kota tersebut. Nanti di sana, Anda bisa bertemu langsung dengan CS dan teknisi kami yang berpengalaman. Anda juga bisa membeli aneka produk woodworking lainnya mulai dari cat sampai pengawet.

Selain itu, Anda juga bisa membeli secara online. Pembelian secara online dilakukan dengan menghubungi Customer Service kami. CS kami pasti akan melayani pesanan Anda dengan cepat, ramah, dan juga profesional.

Ingin membeli di toko online pun bisa dilakukan. Anda tinggal mencari produk kami di online shop langganan Anda.

Kesimpulan

  1. Besi adalah logam yang jumlahnya begitu banyak di bumi ini. Dari segi jumlah massa-nya, besi adalah yang terbanyak ditemukan dibanding zat lainnya.
  2. Besi digunakan di berbagai bidang dari bidang kosmetik sampai olahraga.
  3. Berbagai produk terbuat dari bahan besi, dan dalam pengolahannya perlu lem atau perekat tersendiri.
  4. Sayangnya, tidak semua lem bisa digunakan pada bahan ini. Umumnya, lem besi harus tahan guncangan, kuat, dan juga tahan panas.
  5. Beberapa lem yang sering digunakan sebagai lem untuk besi adalah lem cyanoacrylate, PU, dan epoksi.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya. Nantikan terus berbagai informasi menarik lainnya di lemadhesive.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here