Kreasi Bambu Kreatif? Butuh Lem yang Kuat untuk Bambu Crossbond!

491
finger joint (2)

Bambu dalam bentuk alaminya, baik yang sudah besar maupun yang masih kecil, bisa diolah untuk menghasilkan beragam produk. Namun untuk mewujudkannya, sangat dibutuhkan lem yang kuat untuk bambu Crossbond. Mengapa demikian? Mari simak selengkapnya penjelasan di bawah ini.

produk bambu

Bambu yang Multifungsi

Beragam barang bisa diolah dari bahan dasar bambu. Teknik-teknik juga telah dikembangkan untuk mendukung industri bambooworking. Misalnya bambu laminasi yang merupakan teknik khusus untuk menghasilkan bambu dalam bentuk papan yang lebih lebar. Meski demikian, tak jarang bambu dicari dalam bentuk alaminya yang silinder.

Toh, bentuk silinder bambu pun sebenarnya merupakan keunikan tersendiri. Dari bentuk alaminya ini, bambu juga masih dapat diproses untuk menghasilkan beragam benda, mulai dari kerajinan hingga furniture. Contohnya saja vas bunga dari bambu. Dengan tambahan bahan khusus seperti rotan, vas dari bambu akan begitu mempesona ketika digunakan sebagai wadah hiasan bunga Anda. Demikian juga berbagai jenis furniture seperti meja dan bangku bambu yang memang biasanya mengandalkan bambu dalam bentuk silinder utuh.

Harus Menggunakan Lem yang Kuat untuk Bambu

Ada satu hal yang menarik yang membedakan proses pengolahan bambu dengan kayu. Satu hal tersebut terkait dengan penyambungannya. Disebabkan bentuk bambu yang khas, teknik wood joinery tak bisa diadaptasikan begitu saja pada bambu. Selama ini, banyak sambungan bambu yang juga dirancangan tersendiri, dan sangat berbeda dari sambungan kayu. Bahan-bahannya pun sedikit tak dapat disamakan begitu saja. Contoh, penggunaan tali untuk sambungan bambu yang hampir tak pernah dilakukan untuk kayu.

Meski begitu, baik pengolahan kayu maupun bambu membutuhkan adhesive dengan daya rekat yang baik. Adhesive atau lem merupakan bahan fundamental yang hampir selalu dibutuhkan untuk mengolah bambu maupun kayu. Pada bahan ini, aspek daya rekat benar-benar tak bisa dikompromikan. Daya rekat atau kekuatan lem akan mempengaruhi estetika hingga kekokohan desain produk secara keseluruhan.

Untungnya, kini telah hadir berbagai adhesive bambu di pasaran. Di antaranya ialah lem yang kuat untuk bambu Crossbond. Berbeda dari kebanyakan adhesive, lem ini memiliki formulasi khusus inner cross linker modifier. Hal inilah yang membuat Crossbond begitu kuat ketika digunakan.

Kabar baiknya lagi, Crossbond bisa Anda beli dengan harga yang terjangkau. Mulai harga Rp.45.000,- Anda sudah bisa menikmati performa adhesive ini. Jadi, kita bisa berkreasi dengan lebih leluasa menggunakan bambu tanpa perlu terlalu mengkhawatirkan masalah budget.

Ayo, segera ambil bambu Anda dan wujudkan beragam kreasi menarik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here